Cara memperbaiki sinyal parabola yang tidak bagus pada sebagian transponder

 Setiap teknisi parabola FTA pasti mengalami kejadian yang unik dalam melakukan pekerjaan di lapangan.
 Berbagai keunikan di atas dalam arti kejadian yang baru di temui atau kejadian yang di luar perkiraan dan logika seorang teknisi lapangan.
 Berikut ini akan di tuliskan beberapa pengalaman unik menurut penulis yang merupakan hal baru karena masih tergolong teknisi pemula.
 Dan dengan penulisan ini bertujuan bercerita atau berbagi pengalaman kepada pembaca, bukan maksud untuk menggurui,karena seperti yang telah di tulis di atas, kami bukan teknisi senior yang sudah lama malang melintang di dunia parabola FTA.
 Ada beberapa kejadian yang hampir sama tapi beda cara menangani masalahnya.Dimana pada saat pemasangan parabola baru atau perbaikan parabola lama terjadi masalah yaitu sebuah rx atau receiver parabola tidak dapat menerima sinyal dengan baik pada salah satu atau beberapa transponder.
 Dari sekian banyak transponder satelit FTA yang umum di gunakan pada satelit Telkom dan Palapa,ada satu atau dua transponder yang mengalami problem, contoh; hanya satu atau dua transponder dengan hasil sinyal lemah ,atau  sinyal terlock cukup baik tapi gambar cekot cekot.
 Agar lebih jelas tentang tulisan ini, berikut  foto yang sempat di jepret menggunakan kamera hp.


 Pada gambar jelas terlihat penampakan info sinyal di transponder 4154 v 6000 satelit palapa, kejadian ini sering terjadi pada transponder saluran tv lain bukan hanya satu transponder saja,seperti yang pernah di alami penulis adalah sebagai berikut;
pada transponder satelit palapa yaitu; tvri ,metrotv,mnc grup mpeg2
Pada transponder satelit telkom 3s adalah; transtv dan antv.
 Mengatasi masalah di atas bisa dilakukan lebih cepat dengan cara menggunakan rx lain yang kondisi penerimaan sinyal normal. Setelah di coba menggunakan rx lain maka selanjutnya bisa melakukan langkah selanjutnya.
  Untuk menjawab persoalan di atas ada beberapa hal yang harus di perhatikan,kondisi rx, kabel , diseq switch dan lnb.
 Berikut ini adalah pengalaman ketika ada problem dan solusinya.
 Dekoder orangetv cband tidak lock frekwensi 3780 v 29900 ,frekwensi yang lain normal, saat itu bisa di atasi dengan mengganti diseqswitch dan kasus sama beda tempat bisa di atasi dengan cara mengganti kabel dari parabola ke rx.
 Dekoder kvision C1000 hampir semua feekwensi locked dengan sinyal cukup lumayan tetapi tidak lock transtv frekwensi 3587 h 6000 , solusinya saat itu adalah dengan mengganti kabel dari antene ke dekoder.
 Receiver mpeg2 merk venus gambar cekot cekot pada frekwensi tertentu, setelah di coba menggunakan receiver lain hasilnya normal.
 Demikian pengalaman kami mohon maaf atas kekurangan dan semoga bermanfaat amin

No comments:

Post a Comment