Android CCTV online dengan DVR kyomitsu

Kini banyak produk dan aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam menggunakan cctv, mulai dari ipcam, cctv dengan dvr , cctv dengan android, cctv dengan router openwrt dan banyak lagi.
 Sudah banyak master-master yang menulis tutorial dan membahas tentang hal di atas, dan itu juga termasuk rujukan dalam tulisan di sini, namun mohon maaf tidak di sebutkan satu persatu link rujukannya di sini,karena tulisan ini tentang pengalaman praktek yang di alami oleh kami.
 Jenis CCTV DVR yang telah di praktekan adalah type biasa dalam arti port usb belum mendukung usb modem , jadi untuk memantau kamera secara online harus memberi alat tambahan yaitu kabel LAN.Kemudian hubungkan ke hub modem indihom atau ke hub router USB 3G ,tentu harus ada kuota ya...
DVR di atas adalah merk KYOMITSU, untuk produk detail, firmware dan lain lain anda bisa membaca langsung ke situs resminya,untuk panduan instalasi dan sebagainya cukup mudah di pahami bagi pemula seperti kami.
 Setelah semua instalasi selesai selanjutnya pengecekan dvr ke internet,sebelumnya pastikan indihom atau usb modem router anda bisa terhubung ke internet dengan cara tes browsing menggunakan android melalui koneksi dari wifi indihom atau router 3G.Anda juga bisa cek pada dvr melalui menu network cloud p2p  status harus online, jika belum online ceklist bagian enable, dan cek juga kabel LAN siapa tau belum di pasang hehe.
 Setelah status dvr online sekarang anda bisa mengunduh aplikasi ivms  di playstore, agar ringan pilih biasa jangan HD,instal aplikasi kemudian create account menggunakan email, setelah terverifikasi login ke aplikasi menggunakan username dan password yang anda buat.
 Pilih cloudp2p scan qr dvr anda, bila sulit terdeteksi dengan cara scan qr, bisa masukan manual Nomor S/N dvr kyomitsu anda,melalui ikon tanda + di kanan atas layar .Kemudian aplikasi akan loading menyesuaikan nomor dvr ,setelah di temukan akan di minta kode verifikasi dvr, kode ini terdiri dari empat hurup besar yang ada pada menu cloudp2p, isikan kode itu ke aplikasi ,sekarang account anda bisa memantau dvr di manapun posisi anda berada yang penting ada koneksi internet dari kedua perangkat android dan dvr.
 Satu hal yang agak janggal dialami adalah ketika mencoba aplikasi pada android kedua berikutnya , setelah android pertama sukses bisa mantau, android kedua susah login! Kenapa ya?setelah bulak balik login ternyata login tidak mau dengan email , saat praktek itu login harus menggunakan username, jadi harus ingat baik baik username ketika membuat account pada aplikasi ivms.Selanjutnya login di aplikasi ivms pada android ke tiga ke empat dan kelima lancar.
 Ada satu lagi yang harus di perhatikan adalah satu dvr hanya untuk satu account ivms, anda bisa memantau dvr yang sama menggunakan banyak android dengan satu account ivms yang sama, karena aplikasi ini hanya bisa untuk satu account ivms dan satu serial pasangan kawinnya ,satu account ivms berpasangan dengan satu nomor serial dvr, satu dvr tidak bisa keroyokokan banyak account ivms bisa berabe tuh.
 Cara menceraikan account ivms dari pasangannya cukup mudah, buka aplikasi ivms pilih list device, pilih device yang akan di cerai atau di hapus dengan menahan lama jari anda pada device di touch screen android,kemudian akan muncul pemberitahuan delete device? Are you sure? Confirm? Pilih ya setelah yakin akan di hapus.
 Sekarang anda dapat menggunakan email dan username yang baru untuk memantau dvr janda tadi.Caranya kembali seperti tulisan di atas.Demikian semoga membantu.
 Terimakasih kepada pak andre pembimbing dari kyomitsu Jakarta

3 comments:

  1. Bang kalau colok LAN langsung ke dvr kyomitsu apa bisa langsung online tanpa tambahan USB router setelah saya setting di modem Indihome dan dvr soalnya saya browsing belum ketemu ilmunya trimakasih

    ReplyDelete
  2. Lan dari modem indihome langsung online

    ReplyDelete
  3. Mohon di bantu mengenai dvr kyomitsu H.264 K-HD 2716 yg klo pake wifi Oxygen bisa connect di hp namun saat pke data malah ndak connect ke hp dari jarak jauh maupun dr jarak dekat...

    ReplyDelete