Atasi mode ON matrix sinema

 Receiver ini memiliki ke unggulan yaitu cukup di pasang pada parabola dua lnb biasa palapa telkom bisa mendapatkan gratis saluran tv dari satelit lain tanpa harus tambah lnb lagi,seperti saluran lotus dari satelit asia7 ,saluran saudi sunnah ,saudi quran dari satelit asia5 bisa di tonton cukup dengan menggunakan receiver ini pada parabola dua lnb palapa telkom saja.
 Selain itu matrix sinema sudah support tanberg juga dengan penampilan bodi plastik seperti umumnya jenis receiver harga plastik dan remot dengan type yang mudah di temukan di toko elektronik bila suatu saat rusak atau hilang.
 Dari hardware matrix sinema ini menggunakan main chipset ALI13510C dan flash chip 8mb jenis W25Q64BV yang bisa di kategorikan sama dengan chipset yang digunakan pada type tertentu dari beberapa merk seperti lgsat dan getmecom.
 Satu kelebihan lain dari receiver ini adanya fitur update software melalui OTA yang artinya kira-kira melalui signal transponder satelit,caranya cukup pilih menu upgrade software pilih OTA ,maka otomatis receiver mengunduh dari transponder yang telah di tentukan pabrik,kemudian menginstall otomatis atau memperbaharui software receiver.Cara ini sangat gampang di lakukan tanpa memerlukan alat tambahan lain seperti flashdisk jika melakukan upgrade USB, asal receiver mendapatkan sinyal secara normal seperti biasa,namun tetap mempunyai kendala yang sama yaitu listrik.
 Pada saat melakukan upgrade OTA sama seperti halnya melakukan upgrade USB pastikan kondisi dan situasi listrik aman, tidak sedang dalam cuaca buruk yang biasanya mengakibatkan listrik mati secara mendadak,atau lebih baik lagi melakukan upgrade dibantu ups atau generator listrik cadangan agar resiko gagal upgrade bisa di hindari.
 Gagal upgrade bisa menyebabkan mode on,di tandai dengan hanya tulisan on saja pada pada panel receiver dan gelap pada layar tv,penyebab gagal upgrade biasa terjadi seperti yang di tulis pada paragraf di atas yaitu mati listrik yang mengakibatkan terhentinya proses upgrade yang sedang berlangsung, atau file corrup dan kualitas flashdisk yang kurang bagus apabila gagal upgrade menggunakan menu upgrade USB.
 Mode on pada jenis receiver ini bisa di atasi dengan cara membuka casing,karena letak pin RS 232 ada di dalam ,setelah casing terbuka di situ terlihat ada soket putih tiga pin RS232 untuk melakukan flash atau upgrade langsung dari komputer.
 Dalam mengatasi mode on ini kami lakukan dengan cara melalui flash langsung ke ic W25Q64BV menggunan usb spi flasher,karena  ketika mencoba melaui pin serial 232 saat itu belum menemukan tool yang cocok.
 Untuk mempersingkat waktu maka flashing dilakukan dengan alat bantu usb spi flasher.Seperti biasa tahap demi tahap proses flasing ini adalah mendownload file sw sinema di sini ,pada saat ini ditulis sw belum ada di situs resminya matrix parabola,selesai unduh simpan pada komputer, jepit ic flash simema dengan penjepit flasher, langsung jalankan tool spi flasher ke tahap hapus tanpa backup dulu karena kami pikir sw bawaan sudah rusak,setelah hapus buka file hasil download dan klik tulis tunggu hingga 100%.
 Berikutnya mencoba hasil flashing, buka penjepit flasher, colokan sinema ke listrik dan lihat panel depan tulisan on besar berubah on kecil berubah jadi tulisan str ahirnya berubah menjadi angka, Alhamdulillah sinema sudah bisa di gunakan kembali.

8 comments:

  1. Kalau pake kabel usb to rs 232 atau converter PL2303 kira" bisa gak yaa?

    ReplyDelete
  2. Saya mau flash matrix sinema, bingung pake perangkat yg mana

    ReplyDelete
  3. Matrix Sinema saya saat dihidupkan ada tulisa ON kemudian on dan kemudian Str dan gak bisa terlihat channel dan diam di Str terus. Ada apanya agan2? Mohon masukan

    ReplyDelete
  4. Min aapakah buka jasa ngeflash?

    ReplyDelete
  5. Kang aya foto gambar mainboard matrix cinema

    ReplyDelete