Solusi remot matrix manggo mpeg4

 Masih tentang memanfaatkan receiver jadul kali ini tentang merk matrix manggo mpeg4, receiver keluaran sekitar tahun 2012 ini merupakan produk yang lumayan bandel dari segi kualitas komponen pasif atau komponen pendukung pada mesin untuk kategori kelas mpeg4.
 Fiturnya sama saja tidak jauh berbeda dengan receiver mpeg4  merk lain yang lahir pada tahun itu yaitu fitur usb dan input  bisskey.
 Dan seperti biasa kini kita bahas tentang remot asli type ini yang sukar di dapat, entah apa penyebabnya pada waktu itu sempat beberapa kali memaksakan diri mampir ke agen matrix untuk membeli remot manggo, dan hasilnya nihil,ahirnya seiring waktu berlalu dan makin banyak bermunculan type baru yang lebih banyak fitur dan mudah dalam mengganti remot asli, maka pencarian remot asli manggo di hentikan termasuk perdagangan manggo,saat itu bagi yang rusak atau hilang remot manggo , di anjurkan untuk menggunakan remot type universal.
 Ya dengan segala kelebihan dan kekurangan remot jenis universal mau atau tidak mau saat itu tidak ada pilihan lain bagi pemilik manggo yang ingin mengganti remotnya.
 Kini setelah lama tidak berdagang manggo, pada suatu hari ada pengguna manggo yang ingin mengganti remot tapi bukan dengan type universal. Beliau ingin remot biasa yang langsung nyambung tanpa harus setting kode pada remot, beliau juga merelakan receivernya untuk di jadikan kelinci percobaan.Setelah membuat kesepakatan receiver manggo tadi ahirnya jadi nginap di rumah bedah.
 Pada pekerjaan ini di mulai dengan persiapan alat dan bahan seperti usb ttl , usb spi flash , komputer jadul tidak ketinggalan solder dan tinol, serta tool ali upgrade untuk  menjaga dan mengatasi dari resiko gagal upgrade.
 Tahap selanjutnya adalah membackup file sw bawaan manggo melalui usb flashdik dan karena merasa ragu dengan kualitas flashdisk backup juga dilakukan melalui usb ttl, simpan file dan ganti nama manggo mpeg4 agar mudah di ingat jika kelak dibutuhkan.
 Berikutnya mengamati dan membandingkan tampilan menu pada tv dengan receiver merk type lain yang sama mpeg4, kemudian didapat beberapa merk dan type yang mirip,selanjutnya backup file sw receiver yang di rasa mirip manggo pada tampilan di layar tv,memberi nama tiap file hasil backup sesuai receiver yang di backup,simpan ke flashdisk.
 Kini saat mencoba hasil backup merk lain kepada manggo dengan cara upgrade usb.Nyalakan tv input av dari receiver manggo,nyalakan manggo, karena remot aslinya rusak pijit menu pada tombol di receiver dan temukan upgrade usb, colokan flashdisk tunggu sebentar hingga ada pemberitahuan usb terbaca, pilih upgrade usb,pilih semua kode,pilih file hasil backu, setuju untuk burnflash iya, tunggu hingga selesai dan receiver restart.
 Tes hasil upgrade dengan remot type yang sama dengan file backup, cek juga menu pengaturan satelit ,diseq 1.0 ,kualitas dan intensitas sinyal transponder saluran tv , kami hanya bertolak ukur pada beberapa patameter itu,karena menurut kami itu paling utama agar receiver hasil ganti sw bisa di gunakan siapa saja dengan pengaturan lnb yang normal.
 Dari beberapa percobaan dari sedikit dump file, ahirnya pilihan jatuh pada dumpfile merk venus, pengaturan lnb baik polaritas dan switch diseq serta switch 22khz sangat cocok, polaritas pun tidak berubah normal bin standar.
 Dari beberapa jam tes hasil ganti sw, kemudian mulai terlihat perbedaan, ketika pindah ke saluran tidak ada sinyal, lampu sinyal di panel bodi manggo masih tegak berdiri haha.

 Dengan demikian kami simpulkan sw venus ini bisa di pake untuk receiver matrix manggo mpeg4 yang ingin ganti dengan remot biasa selain universal... yaitu remot venus mpeg4.
Kekurangannya hasil ganti sw ini hanya satu yaitu: bar sinyal pada panel receiver tidak berfungsi normal, bar tetap penuh pada tanpa sinyal atau sinyal lemah.
Jika flashdisk kurang bagus,kadang setelah beberapa hari semua saluran lenyap, solusinya cukup upgrade ulang melalui usb lagi.
Semoga manfaat amin.

1 comment:

  1. Kak pas di download filenya trs ditaro di usb trs dicoba langkah2nya ttp gabisa remotnya malah pas nge upgrade itu bilang file tidak sesuai gitu

    ReplyDelete