Merubah nomor channel TV , K-vision Bromo C2000 dan Cartensz K2000

 Merubah nomor channel TV pada receiver parabola dari 1001 menjadi 0001 0002 dan seterusnya merupakan belajar praktek dari hasil baca di satelit Indonesia.



 Untuk melakukan pekerjaan ini terlebih dahulu harus dipersiapkan alat dan bahannya yaitu firmware receiver download di bawah, ch341a programmer kalo ada , komputer serta tools editornya dan jangan lupa receiver yang akan dicoba itu sendiri, praktek ini menggunakan receiver blomo c dua ribu.

 Setelah semua alat siap selanjutnya kita ke receiver yang akan kita jadikan bahan praktek. pastikan receiver pada kondisi kosong tanpa saluran atau jika sudah dipakai kembalikan ke pengaturan parameter pabrik kemudian langsung matikan dengan cara mencabut adaptor.

 Step ini bisa di lewati langsung ke step berikutnya, disini menceritakan langkah sebelum punya firmware dekoder.

 Buka casing receiver, nyalakan komputer dan lakukan backup firmware dari ic flash menggunakan ch341a programmer, simpan hasil backup beri nama sesuai seri mainboard.


 "Bagi yang belom punya alat flash file backup ada di bawah"

 Setelah punya firmware kita ke cara menonaktifkan auto scan channel saat on.
 Tutup kembali casing receiver nyalakan masih tanpa antena, karena saat praktek ini update channel di sat kvision cband maka pengaturan lnb satelit kita rubah menjadi unicable misalnya supaya tidak auto update channel saat receiver on pada antena cband.       

 Pengaturan satelit lain biasa normal saja dan sesuaikan port diseqcswitch yang digunakan. Simpan pengaturan kemudian cabut adaptor listrik receiver.

 Pasang kabel antena ke receiver nyalakan receiver, jika pengaturan diatas benar, saat on ada tampilan scan saluran satelit kvision dan itu tidak akan mendapatkan saluran.

 Kini ke menu instalasi daftar satelit pilih palapa pilih transponder 3600 v 31000 scan mode tidak fta , Selesai , kembali ke daftar satelit pilih palapa scan buta mode fta untuk mendapatkan saluran tv lainnya hingga selesai exit simpan ok.

 Untuk Kuband scan TP 12436 dan 12396.
 Untuk Cartenz K2000 kesini dulu.

 Colokan usb flashdisk ke receiver , pegang remote pijit menu pilih peralatan pillih backup USB , geser pilihan backup userDB menjadi preset menggunakan tombol volume, pilih mulai, simpan.

  File hasil backup ini bernama preset bin boleh mengganti nama preset menjadi nama yang mudah diingat.

 Cabut flashdisk dari receiver kemudian colokan ke komputer, kita akan convert preset bin menjadi xls , buka aplikasi converter pilhan convert bin to xls, browse ke tempat file preset bin tadi, dan browse untuk simpan hasil convert pilih flashdisk saja,beri nama yang mudah di ingat abc misalnya, klik tombol convert tunggu hingga selesai dan sucess,

  Buka hasil convert abc xls menggunakan Exel dan aplikasi sejenis lainnya.

 Terlihat nama satelit dan nama saluran dan sebagainya.Di sinilah kita merubah urutan posisi nama saluran sesuai keinginan menggunakan perintah cut dan paste insert colom.

 Berikutnya geser kolom tabel ke kanan menuju kolom AG dengan label LCN atau logical channel number , artinya cari tau sendiri lah ya.

 Di kolom ini adalah tempat nomor yang akan diganti sesuai keinginan menjadi satu dua tiga dan seterusnya.

 Selesai mengatur urutan posisi nama channel dan mengganti nomor pada abc xls , exit simpan.

 Selanjutnya mengembalikan abc xls menjadi bin, Buka converter pilih xls to bin browse file abc di atas , browse simpan kasih nama abc bin jalankan convert hingga succes.

 Kini buka editor open file backup firmware diawal tulisan di atas, scroll ke bawah sorot preset, kik kanan replace with pilih abc bin hasil convert , kemudian simpan hasil modifikasi ini ke flashdisk dan kasih nama baru misalnya test bin.

 Cabut flashdisk dari komputer, colokan ke receiver nyalakan ada pemberitahuan upgrade usb pilih ya
 Mode upgrade semua
 File upgrade test bin
 Mulai dan tunggu hingga selesai.

 Kini receiver kembali menyala dengan nomor saluran hasil edit.

 Jangan seneng dulu, kita harus mengembalikan receiver ke firmware ori, lakukan dulu backup USB pillih userDB , hasil backup ini yang biasa di bagikan  ke receiver lain tanpa proses 'pembuatan' seperti diatas.

 Lakukan lagi upgrade USB mode semua pilih file firmware ori backup bukan hasil editan hingga selesai.

 Kini receiver dengan sw bawaannya, pasang antena palapa cband, nyalakan  biarkan auto scan channel berjalan di satelit kvision, hingga bisa di tonton biasa.

 Balik lagi ke menu upgrade USB.
Mode upgrade userDB
Pilih file userDB hasil backup
Mulai dan tunggu hingga selesai dan receiver merestart.

 Sekarang lihat hasilnya, urutan nama channel dan penomoran hasil praktek di atas, jika gambar channel gelap lakukan scan ulang TP 03600 V 31000 kemudian cabut colok adaptor.

 Untuk yang belum punya alat backup flash,kini file firmware backup dan sample sudah di sediakan, cukup pastikan seri mainboard sama lanjut download tools konverter dan editor anda bisa mennggabungkan hasil editan dari backup usb mode preset receiver anda.

 Selamat mencoba

Terimakasih kepada Bowo Ekowidodo
Terimakasih kepada Andi Muhammad Sakir

Tool converter disini di zippyshare
Tool editor disini atau di zippyshare
Tool programmer disini di zippyshare
firmware Sample editan GH381H_KT01_V1.1
Sample user_db
firmware Backup Ori mirror link GH381H_KT01_V1.1_1701111

Sumber :
https://www.satelitindonesia.com
https://m.facebook.com/groups/1128452000522518?

Dokumentasi video:

Tutorial :


Hasil percobaan :




16 comments:

  1. Firmware Backup Ori ga bisa.download gan..

    ReplyDelete
  2. Ok..Berhasil Dowloadnya,,, makasih banyak info dan tutorialnya, semoga menjadi amal

    ReplyDelete
  3. editor exe nya yg 64 bit ada om?

    ReplyDelete
  4. Cara pakai editor nya gimana om.. Udah download di klik nggk kebuka, pdhl db hasil editan udah kelar

    ReplyDelete
  5. Mas mau tanya, kalau mau buat lewat Cartenz K2000 apakah firmwarenya bisa pakai itu C2000 atau harus pakai yg asli K2000 ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. K2000 keluaran tahun 2018/2019 sama dengan file backup di atas

      Delete
  6. Pagi om...numpang tanya sy ada kvision k2000 bermasalah ketika saya colok mesti signalx nol baik itu kuantitas n kualiatasx sma yaitu nol. Tapi ketika ganti rec kvision lain muncul signalx..sy curiga colokan di jalur parabolax yg bermasalah, adakah cara ato video perbaiki hal tsebut ?

    ReplyDelete
  7. Untuk matrix garudaku orange .merubah channel.tutorial nya apa sama cara diatas.yg hasilnya yg anda up di youtube.https://youtu.be/_I8675aQUV0

    ReplyDelete
  8. bang, klw jenis editornya apa ya ? soalnya windows ane windows10, jadi ga compatible sama yang ada di link, mohon pencerahan, terima kasih

    ReplyDelete
  9. Bang apa semua firmware sama? Saya baru beli cartenz k2000 boxnya gambar neymar ronaldo ozil dll,bukan yang piala dunia. Saya gak berani buka casing apalagi backup ic flashnya?

    ReplyDelete