Memperbaiki redmi note 3 pro versi kate yang tidak bisa di charge

 Kami adalah kelompok atau grup teknisi parabola yang rata-rata menggunakan handphone buatan china merk xiaomi,dan oppo.Bila di bandingkan jumlahnya,pengguna merk oppo lebih sedikiit di banding merk xiaomi,penulis sendiri menggunakan xiaomi setelah sebelumnya sebagai pengguna oppo.
 Ada beberapa orang di grup kami yang menggunakan hp merk sama dan type yang sama pula, itu bukan di sebabkan oleh peraturan yang mengharuskan seragam,seperti pakaian dan sepatu di sekolah jaman dulu,ini hanya kebetulan.Kebetulan bajet mereka duitnya hanya cukup untuk type yang sama ini hehe.
 Suatu hari salah satu hp kami rusak tidak bisa di charge, tak ada tanda mengisi pada hp ketika colokan usb charge terhubung ke stop kontak listrik.Cek batok charger dan kabel usb ke hp lain masih normal.
 Type hp yang tidak bisa di charge adalah redmi note3 pro versi kate, yang katanya merupakan salah satu versi produk dari xiaomi dengan jumlah pembuatan terbatas, tidak seperti redmi note3 versi kenzo yang jumlahnya lebih banyak beredar di pasaran.
 Setelah seperti biasa baca petuah dari mbah gugel, bahwa kebanyakan hp yang tidak bisa di charge biasanya rusak pada bagian dock connector, penelusuran gugel di lanjutkan ke tempat jual online,mencari dock connector.Kali ini pencarian barang online tidak di lanjutkan karena barang untuk versi kate ini belum tersedia di situs jual beli lokal saat ini.
 Dua hari hp di biarkan begitu saja hingga hp mati karena isi batere habis.Memasuki malam ketiga baca gugel lagi kata pencarian di ganti-ganti agar memdapatkan hasil penelusuran yang lebih mendekati dengan kasus yang di alami.
 Alhamdulillah di temukan dari sebuah diskusi pada salah satu forum yaitu http://forumfrandroid.digidip.net yang membahas tentang android.Tanpa ragu langsung unduh gambar petunjuk dan siap melakukan praktek menjadi tuser hp amatiran.
 Dengan persiapan alat seadanya seperti solder 30w, avometer jarum dan kaca pembesar serta alat bantu lainnya termasuk obeng kecil,tinol dan lain-lain.Pekerjaan ini menurut kami harus tenang dan extra hati-hati.
 Langkah kerja pertama casing hp di buka menggunakan kuku ibu jari, sempet susah juga karena ternyata ada satu langkah kerja yang terlewat  yaitu slot kartu SIM belum di tusuk supaya keluar lebih dulu.
 Kemudian membuka casing hp di ulangi dengan langkah pertama mengeluarkan slot kartu,langkah kedua mencongkel casing menggunakan ibu jari tangan,langkah ketiga mencongkel soket kabel finger sensor agar tutup casing belakang bisa di lepas terpisah dari mesin utama.
 Langkah ke empat membuka beberapa baut di blok bagian mic yang terletak di bawah batere menggunakan obeng kecil yang sesuai,kemudian melepaskannya menggunakan kuku.Setelah bagian ini  terlepas kelihatan satu blok yang katanya bernama dock connector.
Langkah ke lima mencongkel soket kabel tipis yang bertanda MB ,langkah ke enam merupakan pekerjaan yang paling menentukan karena harus menggunakan ohmmeter dan kaca pembesar.Di sini pengukuran langsung ke komponen yang posisinya terletak seperti pada gambar.


Pada pengukuran komponen dioda di bagian dock connector tidak di temukan adanya hubung singkat.Pengukuran di lanjutkan pada petunjuk gambar kedua,


di sini jarum ohm meter bergerak ke posisi yang sama walaupun probe ohmeter di rubah posisi,jelas bahwa di bagian ini terjadi hubung singkat.Langkah ke enam melepas komponen yang rusak sesuai petunjuk gambar.Kami hanya teknisi parabola biasa bukan ahli dan bukan tuser hp beneran, saat hendak melepas komponen diatas menggunakan solder merasa sangat kesulitan. Berpikir beberapa saat maka di putuskan melepas komponen menggunakan pisau 😀 acara mencongkel di lanjutkan.Ahirnya komponen itu bisa di lepas.
Langkah ke tujuh mengukur titik bekas komponen yang sudah di lepas,

berhasilil.. jarum ohmeter tidak menunjukan tanda adanya  hubung singkat. Langkah kedelapan memasang kembali soket MB, pasang blok mic dan pasang bautnya.Langkah ke sembilan mencoba mengisi daya batere pada keadaan hp belum di tutup casing,setelah ada tanda mengisi


maka di lanjutkan langkah terahir,memasang soket kabel finger sensor dan casing.
 Demikian pengalaman dari seorang teknisi parabola yang nekat menjadi tukang servis hp , semoga bermanfaat.

Sumber dari http://forumfrandroid.digidip.net

12 comments:

  1. Papan konektor nya blm ad yg jual,,, susah ya gan,, ganti konektor nya aj gpke papan longgar terus,rusak mulu jd nya

    ReplyDelete
  2. Papan konektor nya blm ad yg jual,,, susah ya gan,, ganti konektor nya aj gpke papan longgar terus,rusak mulu jd nya

    ReplyDelete
  3. Bang, ane juga ngalamin begini, nyari Sparepart papan konektornya dimana ya

    ReplyDelete
  4. banyak kok gan di tokopedia, kalau sy baru ganti dan beli di toko offline kebetulan ada..

    ReplyDelete
  5. Yg di lepas bgian mana.pda casan apa konektor yg di mb nya

    ReplyDelete
  6. Komponen kecil yang di lingkari pada gambar pertama dan kedua dari atas

    ReplyDelete
  7. Papan konektor Xiaomi note 3 pro yg Kenzo kira2 bisa GK dipasang di Xiaomi note 3 pro yg kate

    ReplyDelete
  8. Sepertinya sama, kecuali dgn redmi note 3 (tanpa pro)

    ReplyDelete
  9. Apakah ini akan permanent ya jika berhasil

    ReplyDelete