Parabola Mini Jadi Tv Kabel - MATV sederhana

 Membuat jaringan tv kabel MATV ( master antena televisi ) sederhana menggunakan parabola mini.



 Tv kabel atau MATV sering di jumpai di hotel , rumah sakit. Dan di daerah perkampungan yang memiliki jaringan matv mempunyai tanda khas yaitu adanya kabel tv  yang ikut nempel pada tiang listrik,tiang telepon, Indihome, dan pohon, melewati atap dan halaman , kemudian jalur kabel masuk ke rumah pelanggan.

 Biasanya orang yang masang kabel tv  pada tiang listrik PLN dan tiang Indihome ini, tidak memiliki seragam PLN atau Indihome  😂

 Apa itu matv? https://www.google.com/amp/s/docplayer.info/amp/133874089-Instalasi-matv-mengenal-secara-singkat-apa-itu-matv.html

 Lanjut ke sekilas cara merakit matv sederhana, alat dan bahan adalah

- Sebuah antena parabola mini kuband yang lock ke satelit  siaran tv misalnya ke measat 3 atau thaikom4 119°E
- dua receiver parabola transvision SD.
- enam konektor F to RF jantan dan betina
- tiga kabel jumper F konektor
- Kabel antena RG6 secukupnya.

 Pasang kabel antena parabola mini ke receiver pertama melalui port LNB IN atau SAT IN, setel pada saluran tv kartun, masuk menu sistem set pengaturan rf uhf ch 33.

 Pasang jumper F konektor dari sat out receiver pertama ke sat in receiver kedua, setel pada saluran musik, masuk menu sistem pengaturan set pengaturan rf uhf di beri jarak 3 digit menjadi ch 36 atau 30.

 Sambungkan RF out receiver pertama ke RF in kedua, RF out kedua merupakan jalur kabel yang akan mengirimkan saluran musik dan karton ke tv melalui colokan antena bukan input AV lagi.

 Nyalakan semua peralatan termasuk TV, cari otomatis pada tv hingga selesai, jika benar sekarang tv dapat menerima dua saluran musik dan kartun tadi.

 Bagaimana supaya banyak saluran ?
 Dari contoh di atas ,dua receiver untuk saluran kartun dan musik untuk saluran berita dan lainnya tentu harus menambah receiver lagi, dengan cara seting serta pemasangan jumper input output seperti diatas, intinya satu receiver untuk satu saluran tv kabel.
 Demikian sekilas info dari kami, semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment